27 Mar 2012

SPHERE PANORAMA



Hai, buat kawan-kawan penggemar olah digital pasti sudah sering malakukan olahan panorama dengan efek membulat sehingga terkesan seperti miniatur bumi atau menurut sepnegatahuan saya istilahnya "sphere panorama". di kesempatan ini ijinkanlah hamba membuat mini tutorial membuat efek "sphere" dengan software Ad*be Ph*toshop CS2.



LANGKAH 1, Siapkan foto panorama yang akan diolah, kalau tidak ada foto panorama boleh menggunakan foto landscape dengan horizon yang cukup jelas. (di kasus ini saya menggunakan foto landscape)


LANGKAH 2, duplikasi layer foto untuk menghasilkan gambar simetris dan antar titik dalam sphere bisa bertemu dengan mulus. jika menggunakan foto panorama pastikan ketinggian horizon ujung kiri dan kanan simetris atau daalam satu alignment.

LANGKAH 3, lakukan editing pada kanvas (perbesar 100% kearah kanan).
LANGKAH 4, lakukan flip horizontal foto pada layer hasil duplikasi. dan geser gambar ke ujung kanan.
LANGKAH 5, lakukan merge layer visible atau flatten image

LANGKAH 6, lakukan edit kanvas (100% keatas)

LANGKAH 7, lalu edit bagian atas (langit) pada foto panorama anda. tidak dilakukan juga tidak masalah, namun untuk mempermudah editing hasil akhirnya ada baiknya penuhi semua sisa kanvas hasil perbesaran dengan warna bagian atas (langit)
LANGKAH 8, lakukan rotate kanvas 180 derajat.

LANGKAH 9, lakukan editing distorsi foto dalam menu filter>>distort >>polar coordinates.. kemudian pilih rectangular to polar untuk mendapat efek membulat pada foto.



LANGKAH 10, sesuaikan hasil pembulatan (sphere) pada foto. crop atau potong foto dan sesuaikan/edit untuk mendapatkan hasil terbaik.


selesai... :D silahkan mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar